Search

Dihantam Virus Corona, IHSG Anjlok 2 Persen di Akhir Perdagangan - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini berakhir keok dengan koreksi nyaris 2 persen. Anjloknya IHSG, Jumat 31 Januari ini di tengah kekhawatiran seputar wabah virus corona yang telah menyebar dari Cina ke berbagai negara lain.

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG ditutup melemah 1,94 persen atau 117,54 poin ke level 5.940,05. Pada perdagangan Kamis kemarin, IHSG menutup pergerakannya di level 6.057,60 juga dengan koreksi cukup tajam sebesar 0,91 persen atau 55,45 poin.

Sebelum terguling dari level 6.000, indeks sempat rebound ke zona hijau dengan dibuka naik 0,31 persen atau 18,86 poin di posisi 6.076,46 pada Jumat pagi. Namun, sepanjang hari ini, IHSG bergerak pada kisaran 5.937,02-6.078,93.

Seluruh sembilan sektor menetap di wilayah negatif pada akhir perdagangan, dipimpin sektor aneka industri (-3,32 persen), disusul sektor finansial (-2,35 persen) dan barang konsumsi (2,1 persen). Sebanyak 114 saham tercatat menguat, 306 saham melemah, dan 256 saham stagnan dari 676 saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

Analis Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya mengatakan, seluruh sektor melemah seiring dengan bertahannya kekhawatiran tentang wabah virus corona baru yang telah menjalar ke sejumlah negara lain. “[Namun] aksi jual pada ekuitas Indonesia kemungkinan akan sementara dan memberi peluang beli,” katanya.

Hari ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan keadaan darurat global terkait penyebaran virus corona mematikan dari Cina menyusul laporan kenaikan angka kematian yang drastis.

Senada dengan Hariyanto, CEO PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen Lilis Setiadi berpendapat sentimen atas wabah virus tersebut akan berumur pendek.  

“Kami pikir ini akan menjadi volatilitas jangka pendek dan dampaknya akan agak terkendali pada kuartal pertama. Dengan kabar pemulihan yang berkelanjutan, terutama pada semester kedua, akan memberi peluang bagi beberapa klien untuk berinvestasi lebih banyak ketika pasar mengalami sedikit koreksi yang sehat,” tutur Lilis.

“Begitu kabut dari wabah ini terselesaikan, perhatian [pasar] dapat kembali tertuju pada reformasi-reformasi yang telah didorong Presiden Joko Widodo,” tambahnya, dikutip dari Bloomberg.

Seiring dengan merosotnya IHSG, pergerakan bursa saham di Asia cenderung variatif, dengan indeks Nikkei 225 menguat 1 persen, sedangkan indeks Topix ditutup menguat 0,53 persen. Di sisi lain, indeks Hang Seng terpantau melemah 0,21 persen pada pukul 14.35 WIB, sedangkan indeks Kospi melemah 1,35 persen.

BISNIS

Let's block ads! (Why?)



"Perdagangan" - Google Berita
January 31, 2020 at 05:03PM
https://ift.tt/2S5GDXx

Dihantam Virus Corona, IHSG Anjlok 2 Persen di Akhir Perdagangan - Tempo
"Perdagangan" - Google Berita
https://ift.tt/2MZhWua
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dihantam Virus Corona, IHSG Anjlok 2 Persen di Akhir Perdagangan - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.