Search

Dua Hari Perdagangan Beruntun, Korona Bikin Laju IHSG Tertahan - kompas.id

KOMPAS/Lasti Kurnia

Pergerakan indeks harga saham tampil pada monitor layar informasi yang terpasang di galeri Bursa Efek Jakarta, Rabu (15/1/2020). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Rabu sore ditutup melemah 42,02 poin atau 0,66 persen ke posisi 6.283,37 setelah sempat menguat sejak awal pekan. Penurunan tersebut terjadi paska rilis data neraca perdagangan oleh BPS yang memaparkan neraga perdagangan pada Desember mengalami defisit 30 juta dollar AS dan sepanjang 2019 sebesar 3,2 miliar dollar AS.

JAKARTA, KOMPAS — Merebaknya virus korona baru atau novel coronavirus/2019-nCoV mulai membuat cemas investor pasar saham dalam negeri. Kondisi tersebut tecermin dari tertahannya pergerakan harga saham dalam dua hari perdagangan beruntun.

In­deks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Senin dan Selasa (28/1/2019) ditutup di zona merah. Di akhir perdagangan, IHSG merosot 0,36 persen atau 22,02 poin ke level 6.111,18. Total dalam dua hari di awal pekan ini IHSG sudah terpangkas sebanyak 132,92 poin.

Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, prospek pertumbuhan ekonomi yang masih melambat serta penyebaran virus korona baru memantik kekhawatiran investor pasar modal. Investor cemas bila penyebaran virus itu bakal seperti virus SARS yang mewabah 17 tahun lalu.

Kekhawatiran investor kian tumbuh terhadap prospek perlambatan ekonomi dan mengingatkan kembali akan dampak dari virus SARS 17 tahun silam,” ujarnya.

Total dalam dua hari di awal pekan ini IHSG sudah terpangkas sebanyak 132,92 poin.

REUTERS/ALY SONG

Seorang petugas mengenakan masker di Bandara Internasional Pudong di Shanghai, China, Senin (27/1/2020). Ancaman penyebaran virus korona jenis baru membuat Pemerintah China memperluas pembatasan bepergian bagi warganya. Langkah itu diambil untuk mencegah penularan lebih lanjut.

Kekhawatiran investor terhadap penyebaran virus korona yang bermula dari Wuhan, China, ini menyelimuti aktivitas transaksi perdagangan pasar modal. Kondisi ini tecermin dari aksi jual investor asing di sepanjang perdagangan hari ini yang tercatat mencapai Rp 469,61 miliar.

Kendati aktivitas perdagangan diselimuti kekhawatiran terhadap penyebaran virus korona, Lanjar mencatat, investor asing melakukan aksi beli bersih terhadap sejumlah saham, antara lain saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk yang jika diakumulasi mencapai  Rp 161,15 miliar.

”Aksi beli bersih yang dilakukan investor asing ini sebagai respons dari aspek fundamental dan kinerja dari kedua emiten di sepanjang 2019,” kata Lanjar.

Kondisi ini tecermin dari aksi jual investor asing di sepanjang perdagangan hari ini yang tercatat mencapai Rp 469,61 miliar.

Baca juga: Virus Korona “Menginfeksi” Ekonomi Dunia, Bagaimana Nasib Indonesia?

BURSA EFEK INDONESIA

Grafik perkembangan aktivitas perdagangan pasar modal

Sudah Berlangganan? Silakan Masuk

Imlek Makin Hoki dengan Diskon 50%!

Gunakan kode promo HOKI2020 dan nikmati diskon 50% belanja kaus, buku, board game, dan Kompas Digital Premium di gerai.kompas.id!

Hal senada disampaikan analis Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christoper Jordan. Menurut dia, penyebaran virus tersebut memicu kekhawatiran investor global. Pada waktu yang sama, pasar modal kekurangan katalis positif dari dalam negeri.

”IHSG ditutup melemah karena masih minimnya sentimen dari dalam negeri. Pergerakan IHSG semakin terhambat karena secara global kecemasan investor akan penyebaran virus korona makin meluas,” kata Dennies.

Terlalu dini

Direktur Mandiri Sekuritas Silva Halim menilai, terlalu dini bila harus membuat kesim­pulan bahwa virus korona bakal mengganggu perdagangan pasar modal. Dampak sentimen ekonomi penyebaran virus tersebut di pasar Tanah Air akan minim karena letak geografis Indonesia yang cukup jauh dari China.

Di sisi lain, dia berharap agar antisipasi penyebaran virus bisa dilakukan secara optimal oleh pemerintah. Pasalnya, dalam sepekan terakhir in­­­vestor global memang tengah mencermati penanganan penyebaran virus korona.

”Tetapi, masih terlalu awal jika harus membuat kesimpulan bahwa virus itu akan mengganggu pergerakan pasar dalam negeri. Secara umum, minat investor masih tinggi terhadap aset-aset asal Indonesia,” ujarnya.

Masih terlalu awal jika harus membuat kesimpulan bahwa virus itu akan mengganggu pergerakan pasar dalam negeri. Secara umum, minat investor masih tinggi terhadap aset-aset asal Indonesia.

Baca juga : Menkeu: Wabah Virus Korona Menambah Ketidakpastian Global

Kompas/Priyombodo

Penunjuk arah ke ruang isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Selasa (28/1/2020). Rumah sakit rujukan nasional ini menyiapkan ruang isolasi bagi pasien yang diduga terinfeksi virus korona tipe baru. Sedikitnya 100 rumah sakit rujukan telah disiagakan untuk mengantisipasi penularan infeksi virus korona tipe baru dari Wuhan, China.

Silva mencontohkan, kegiatan penggalangan dana yang dilakukan Mandiri Sekuritas selaku penjamin emisi melalui penerbitan surat utang global masih berjalan lancar.

”Sepanjang Januari 2020, tim kami banyak mengerjakan transaksi global bond issuance. Ini menunjukkan minat investor yang sangat tinggi terhadap Indonesia,” ujarnya. 

Let's block ads! (Why?)



"Perdagangan" - Google Berita
January 28, 2020 at 07:02PM
https://ift.tt/2U28daE

Dua Hari Perdagangan Beruntun, Korona Bikin Laju IHSG Tertahan - kompas.id
"Perdagangan" - Google Berita
https://ift.tt/2MZhWua
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dua Hari Perdagangan Beruntun, Korona Bikin Laju IHSG Tertahan - kompas.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.